Desa Mengepung Kota a la Huawei

Logo Huawei

Logo Huwaei

Ekspansi perusahaan-perusahaan China yang kian merajai dunia seakan menandai pergeseran kekuatan bisnis dunia. Salah satunya adalah Huawei, perusahaan pembuat perkakas telekomunikasi terbesar di dunia. 

Tak dinyana aktor utama dibalik kesuksesan Huawei ternyata adalah seorang bekas insinyur untuk Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), Ren Zhengfei. Ren mendirikan Huawei pada tahun 1987 dengan modal hanya 21.000 yuan atau sekitar USD 5.000. Kala itu, ia baru mampu mengimpor sebagian besar suku cadang dari Hong Kong. Strategi Desa Mengepung Kota yang lekat dengan sosok pendiri Partai Komunis Cina, Mao Tze Tung, ternyata menjadi kunci yang digunakan Ren untuk menjadikan infrastruktur telekomunikasinya bersinar di pasar Cina tiga tahun kemudian. Strategi Mao tersebut pula lah yang membuatnya berhasil memenangkan pasar dalam dan luar negeri sehingga mampu berperan di lebih separuh jaringan telekomunikasi supercepat 4G di Eropa.

Inspirasi dari Mao tersebut membawa keberhasilan baginya dengan mengakumulasi kemenangan di pasar pinggiran luar negeri, sebelum akhirnya memenangkan pertarungan-pertarungan di Amerika Serikat dan Eropa yang notabene adalah jantung pasar dunia. Kerajaan Huawei kini telah memiliki nilai bisnis sebesar USD 32 miliar, 140.000 karyawan, dan 47.000 paten perangkat teknologi yang membuatnya mampu memobilisasi pelanggan di 140 negara.

Kontan saja Huawei menjadi salah satu
perusahaan yang paling ‘ditakuti’ di dunia, terlebih bagi Amerika Serikat dan Eropa. Karena selain kebesaran perusahaan yang berhasil dibangun, jaringan Huawei juga dicurigai menjadi senjata yang digunakan Cina untuk memata-matai Barat. Ketakutan tersebut semakin terlihat tatkala Australia sebagai salah satu satelit kekuatan Eropa memblokir partisipasi Huawei dalam pembangunan jaringan broadband di negeri Kangguru tersebut.

Disadur dari goresan penulis di http://absolutelyindonesia.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s