The Future Isn’t About Mobile; It’s About Mobility

Foto: Solidarity Knows No Borders

Foto: Solidarity Knows No Borders

Di tengah pergulatan realitas ekonomi dunia yang tidak menentu, mobile industry muncul sebagai peluang emas. Hal ini dapat dilihat dari berbagai perusahaan yang melakukan berbagai penetrasi dalam ranah mobile industry.

Facebook mengumumkan model iklan unik dengan target mobile audience. Amazon berembug dengan pabrikan China Fox Conn dengan ambisi membangun model bisnis mobile sendiri guna mendukung ekosistem digital, baik barang maupun jasa, yang telah dibangunnya lebih dulu.

Perusahaan konsultan dan penelitian pasar IT terkemuka, IDC, sudah jauh hari memperkirakan jika, sekitar lebih dari 76 aplikasi mobile akan diunduh pada 2014. Bisnis mobile akan muncul menjadi bisnis pesat dalam kurun waktu singkat dan sekaligus men-drive masa depan umat manusia. Akan tetapi tujuan masa depan itu sendiri sesungguhnya bukan terletak pada mobile (device) melainkan pada mobilitas.

The future isn’t about mobile;
It’s about mobility!
Mobile device hanyalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan yakni, mobilitas itu sendiri. Pada awal era digital, hal utama yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah informasi di ujung jari dan kenyamanan dalam transaksi digital. Di era sosial, kondisi tersebut harus ditambah satu hal, yakni konektivitas sosial. Mobilitas yang dimaksud adalah menyangkut informasi, kenyamanan, dan komunikasi sosial lintas perangkat bergerak. Perbedaan diantara keduanya ibarat piranti lunak dan keras, jika mobile device mengacu pada alat maka, mobilitas lebih mengacu pada konteks, seperti kultur/ budaya.

Kondisi masyarakat dewasa ini semakin horizontal. Akses terhadap informasi yang kian mudah dijangkau membuat masyarakat saling terhubung satu sama lainnya (baca: borderless people). Alhasil, masyarakat menjadi semakin well-informed sehingga, peran konektor sosial menjadi sangat vital. Konektor berperan untuk menjaga keterhubungan antara berbagai elemen dalam masyarakat. Di situlah letak pentingnya mobilitas dan sarana mobile berfungi untuk membangun koneksi antar elemen tersebut.

Diambil dari artikel penulis di http://absolutelyindonesia.com/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s